PLN Peduli Pendidikan dan UMKM

Bantuan yang kembali disalurkan oleh PLN melalui program PLN Peduli tentunya sebagai bentuk komitmen PLN untuk mewujudkan kepeduliannya terhadap berbagai segi kehidupan di masyarakat, mulai pendidikan, kesehatan, hingga pembinaan UMKM yang ada di masyarakat, khususnya yang berada disekitar wilayah kerja PLN” terang Ratih Kusuma Dewi, Senior Manager Pertanahan & Komunikasi UIP JBTB II.

PLN Peduli Pendidikan dan UMKM
PLN berikan bantuan saran pendidikan kepada pengurus RT disaksikan oleh Pejabat Pemerintah Kelurahan Kejawan Putih Tambak

SBO.CO.ID, SURABAYA – Kondisi perekonomian masyarakat yang merasakan perubahan dampak dari pandemic COVID-19 yang belum berakhir merupakan bagian dari perhatian PLN Peduli. Kali ini diwujudkan melalui penyaluran bantuan program PLN Peduli yang menyentuh bidang pendidikan yang belum mendapat ijin untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring telah berjalan selama kurang lebih enam bulan terhitung sejak Maret pandemic Covid 19 merebak di Indonesia. Pembelajaran secara daring ini tentu saja membutuhkan pengeluaran tambahan khusus untuk mengakses internet.

Berdasar pada pertimbangan inilah, melalui program bantuan fasilitas sekolah daring selama pandemic COVID 19 berupa fasilitas wifi dilengkapi dengan perlengkapan pendukung pembelajaran sesuai dengan standar protocol kesehatan ini diberikan PLN Peduli kepada anak-anak sekolah yang merupakan warga di wilayah kerja proyek pekerjaan SUTT 150 KV Surabaya Selatan – Kalisari. Penyerahannya disampaikan secara simbolis oleh Team CSR PLN Peduli kepada pengurus RT disaksikan oleh Pejabat Pemerintah Kelurahan Kejawan Putih Tambak pada Selasa (15/9/20).

Kapasitas internet sebesar 100 mbps ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar yang membutuhkan untuk mengakses proses belajar mengajar dengan sistem daring. Tentu saja jika ingin bergabung, bisa terlebih dulu mengkonfirmasikan kepada Moch Irfan, Ketua RT 002 RW 001 Kejawan Putih Tambak sebagai koordinator pengelola pengaturan penggunaannya dengan didasarkan pada pelaksanaan protocol kesehatan. Moch Irfan dalam sambutannya menyampaikan, nantinya dalam penggunaan pemberian bantuan ini akan diatur pembagian waktunya.

“Kami terbuka jika terdapat warga sekitar yang membutuhkan untuk anaknya bisa bergabung belajar disini menggunakan kuota internetnya, akan kami data” terang Moch. Irfan. Disampaikan juga oleh Moch Irfan bahwa bantuan yang diberikan oleh PLN Peduli sangat bermanfaat untuk warga untuk membantu kebutuhan anak-anak bersekolah, kami ucapkan terima kasih kepada PLN Peduli yang memberikan perhatian penuh dan detail kebutuhan pelaksanaan pembelajaran, akan kami jaga dan pergunakan dengan baik” ujarnya.

Pada kesempatan berikutnya masih dalam lokasi Kelurahan Kejawan Putih Tambak, penyaluran PLN Peduli juga diberikan dengan bentuk pembinaan UMKM pada Kelompok Tani Poristy Hidroponik di Tegal Mulyarejo Baru. Bantuan program pembinaan UMKM ini selain menyalurkan bentuan untuk peralatan juga bantuan untuk pembinaan mitra binaan dapat naik kelas.

Penyerahan bantuan secara simbolis disaksikan oleh Sekretaris Lurah Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Purwo Suprapto, SKM. Disampaikan olehnya bahwa kepedulian yang diberikan terhadap pembinaan UMKM ini merupakan langkah tepat untuk membantu perekonomian warga dapat tetap stabil.

“Bantuan pembinaan UMKM ini membantu untuk perekonomian warga dapat stabil khususnya pada kondisi COVID-19 ini, selain juga menyehatkan dengan mengkonsumsi sayur-sayuran yang ditanam sendiri” terangnya.

Selama pandemic COVID- 19 ini berlangsung PLN berupaya untuk terus mewujudkan kepeduliannya dengan banyak upaya yang juga telah dilakukan juga sebelumnya kepada stakeholder yang masih harus beraktivitas ditengah pandemi yang berlangsung. (tur)

“Bantuan yang kembali disalurkan oleh PLN melalui program PLN Peduli tentunya sebagai bentuk komitmen PLN untuk mewujudkan kepeduliannya terhadap berbagai segi kehidupan di masyarakat, mulai pendidikan, kesehatan, hingga pembinaan UMKM yang ada di masyarakat, khususnya yang berada disekitar wilayah kerja PLN” terang Ratih Kusuma Dewi, Senior Manager Pertanahan & Komunikasi UIP JBTB II. (tur)