Ternyata ini Sosok Dibalik Jatim Sabet Juara Untuk Video Kategori Pariwisata Dari Kemendagri

"Terimaksih, tentunya kita berharap dengan memvisualisasi protokol kesehatan COVID-19 dalam bentuk video pesan bisa tersampaikan," kata Rudy, saat dihubungi sbo.co.id, Selasa (23/6/2020).

Ternyata ini Sosok Dibalik Jatim Sabet Juara Untuk Video Kategori Pariwisata Dari Kemendagri
Gambar Foto : Instagram | @m_rudy_e_y

SBO.CO.ID, SURABAYA - Ditengah masih tingginya angka pasien positif Corona Covid -19 di Jawa Timur, Pemprov Jatim meraih penghargaan dalam lomba Inovasi New Normal Life yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam lomba tersebut, Jatim meraih juara Juara I untuk kategori Pasar Modern hasil kerja keras Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Jatim dan Juara II untuk kategori Tempat Wisata hasil kolaborasi Bappeda dan Dinas Pariwisata Jatim. Atas prestasi itu, Pemprov Jatim pun berhak atas hadiah Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp 5 Miliar.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri di Jakarta, Senin (22/6).

Seperti yang disampaikan oleh Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa bahwa penghargaan ini didedikasikan untuk seluruh masyarakat Jawa Timur yang telah bahu membahu dan bergotong royong selama masa pandemi.

Lalu siapakah kreator dibalik pembuat video, yang membuat Pemprov Jawa timur "diganjar" penghargaan untuk kategori pariwisata, apakah sutradara terkenal sekaliber Hanung Bramantyo, Garin Nugroho atau Monti Tywa?

Ternyata, kreator dibalik suksesnya Jawa Timur meraih penghargaan dalam lomba New Normal Life yang digagas oleh Kemendagri untuk kategori pariwisata bukan berasal dari kalangan sineas melainkan seorang birokrat di lingkungan Pemprov Jatim sendiri. Namanya Mohammad Rudy Ermawan Yulianto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Timur.

Dan berikut adalah wawancara eksklusif dengan Mohammad Rudy Ermawan yang telah dirangkum redaksi sbo.co.id.

Selamat Pak Rudy, Jatim berhasil mendapatkan penghargaan dari kemendagri utk sektor pariwisata new normal, apa yang diharapkan?

Terimaksih, tentunya kita berharap dengan memvisualisasi protokol kesehatan COVID-19 dalam bentuk video, pesan bisa tersampaikan.

Proses Produksi berapa lama?

Untuk proses sampai dengan selesai, pengerjaannya cuma 4 hari.

Selama proses produksi sempat menemui kesulitan?

Tidak ada kesulitan sih, ya kendala-kendala pastinya ada, tapi Alhamdulillah akhirnya bisa berjalan lancar berkat kerjasma dari beberapa pihak, contohnya seperti Dinas Pariwisata yang membantu menyiapkan talent. Intinya untuk Jawa Timur kita saling melengkapi termasuk dalam pembuatan video ini.

Sudah berapa lama menekuni dunia Sinematrografi?

Saya hobby fotografi sejak SMA (Sekolah Menengah Atas) belajar Sinematografi baru tujuh tahun terakhir ini. Ya baru belajar sih sebenarnya. Prinsipnya belajar terus pokoknya.

Bagaimana tanggapan Gubernur atas capaian ini?

Pesan ibu Gubernur Kita harus berkolaborasi dan gotong royong yg baik, ibu Gubernur juga sering menyampaikan kalau kita itu satu walaupun ini terkait pariwisata tapi semua itu atas nama Pemprov Jatim.

Dari pencapaian ini apalagi yg ingin dicapai dari pak Rudy?

Kami ingin membuat simulasi 3D (3 Dimensi) untuk melihat perencanaan - perencanaan pembangunan jangka menengah.

Kita tahu jika pandemi ini telah memukul berbagai sektor, termasuk pariwisata di Jawa Timur. Bagaimana langkah untuk mengembalikan sektor tersebut?

Sesuai arahan Ibu Gubernur salah satunya kami sedang bikin konsep/inovasi  pemulihan ekonomi khususnya di sektor pariwisata dan berharap segera ada regulasi New Normal untuk Pariwisata.

Saat pandemi seperti ini, sebagai Kepala Bappeda Jatim apa pesan yang ingin disampaikan?

Selain berdoa dan berusaha sama - sama untuk memutus wabah ini tentunya saya berharap semua bisa mematuhi protokol kesehatan. Sehingga Jawa Timur bisa bebas dari COVID-19 dan pulih kembali. Aamiin.

Baik, Terimakasih atas waktunya, sukses selalu pak Rudy. Salam sehat.

Terimakasih sama - sama, sukses selalu juga untuk sbo.co.id, salam sehat. (Wan/Bg)