Ini Dia Gadis Muda yang Viral Bantu Ibu Nyapu Jalanan

Saya juga ndak pernah nyuruh nyapu, tapi anaknya sendiri yang pengen membantu saya menyapu jalan", ucap Sri Wahyuni seperti yang tertulis dalam akun Facebook Humas dan Protokol Setdakab Magetan.

Ini Dia Gadis Muda yang Viral Bantu Ibu Nyapu Jalanan
Foto viral Erna Widyastuti saat menyapu jalanan di Magetan, Jawa Timur (Facebook Humas & Protokol Setdakab Magetan)
Ini Dia Gadis Muda yang Viral Bantu Ibu Nyapu Jalanan
Ini Dia Gadis Muda yang Viral Bantu Ibu Nyapu Jalanan
Ini Dia Gadis Muda yang Viral Bantu Ibu Nyapu Jalanan

Magetan, Jawa Timur - Sosok gadis muda menyapu jalan di Magetan, Jawa Timur mendadak viral setelah akun Humas dan Protokol Setdakab Magetan memposting di media sosial Facebook.

Gadis muda penyapu jalan tersebut bernama Erna Widyastuti, 25 tahun warga Desa Tambakmas, Kecamatan Sukomoro.

Tampak dalam foto yang diposting, Erna tanpa malu menyapu dan membersihkan sampah yang ada di jalan.
Apa yang dilakukan oleh Erna ternyata semata – mata untuk membantu sang ibu. Sang ibu yang bernama Sri Wahyuni merupakan penyapu jalanan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan. Biasanya Sri Wahyuni menyapu jalan mulai dari jalan Panglima Sudirman sampai jalan Pandu.

"Saya juga ndak pernah nyuruh nyapu, tapi anaknya sendiri yang pengen membantu saya menyapu jalan", ucap Sri Wahyuni seperti yang tertulis dalam akun Facebook Humas dan Protokol Setdakab Magetan.

Apa yang disampaikan oleh Sri Wahyuni pun diamini oleh Erna. Erna mengatakan bahwa dirinya menyapu jalan dan memungut sampah tidak ada tujuan lain selain untuk membantu ibunya agar cepat menyelesaikan pekerjaannya.

"Ya saya ingin membantu ibu saya, biar cepat selesai pekerjaannya" tutur gadis berambut pirang ini.

Dalam foto yang beredar, Erna terlihat memakai kaus dan masker warna hitam. Ia mengenakan celana jins biru yang robek di bagian lutut. Meski terlihat santai namun cukup modis. Rambutnya yang berwarna pirang hanya diikat dengan penjepit. Sebuah jam melingkar di lengan kirinya.
Erna membawa tas kecil sambil menyapu daun-daun kering di pinggir trotoar menggunakan sapu lidi. Kakinya hanya beralaskan sandal jepit.

Di foto yang lainnya, tampak pula Erna berjongkok bersama sang ibu sedang memunguti sampah dan memasukinya ke dalam karung.

Penyapu jalan di Kabupaten Magetan sendiri memiliki waktu bekerja 2 shift, shift pagi mulai dari jam 04.30-09.30, sedangkan shift siang mulai jam 11.30-16.30.

Foto Erna yang sedang menyapu jalan ini pun viral di jagat media sosial Facebook dan Instagram dan mendapat berbagai komentar dari warganet.

Ini emang patut di contoh untuk kalangan anak muda jaman sekarang,” tulis Katmi Pisang.

Layak buat pendamping hidup ki”, komentar Chandra Karya Perkasa.

Saya aja yang seorang biduan nggak malu harus jualan gorengan keliling.yang penting itu halal Dan barokah,” komentar Nova Erickha.

"Ambil nilai positif nya , intinya dia masih muda tapi gak malu membantu ortunya yang kerja nya nyapu jalan . Berani mengakui dan tidak gengsi, good job mbak,” tulis Fitri Wahyuni dalam kolom komentarnya. (Bg)